IT Inventory DJBC
Membantu Perusahaan Anda Dalam Pelaporan Sesuai Standart PER-09/BC/2014
Apa itu IT INVENTORY?
Aplikasi Sistem Informasi IT Inventory
IT Inventory ialah salah satu sistem yang harus dipunyai oleh para pengusaha kaber ataupun PKDB dalam proses pengelolaan barang. Setiap industri pun wajib dapat diakses oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) agar dapat dibaca serta diunduh, Sesuai ketentuan dalam melaksanakan pelaporan yang telah di undang- undangkan.
Keunggulan Produk :
- Untuk membantu para Pengusaha di Kawasan Berikat dalam menyajikan laporan baik pencatatan persediaan barang maupun dokumen masuk maupun keluar ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
- User-friendly
- Report dalam format exel
- Authorized secured access karena login sesuai hak akses masing masing
- Akses aplikasi mudah dijalankan karena versi Web Browser. Sehingga dapat dibuka pada berbagai flatform sistem operasi
- Dasboard data adalah feature manajemen informasi yang secara visual melacak, menganalisis, dan menampilkan indikator kinerja utama (KPI), metrik, dan poin point data untuk memantau kinerja bisnis, departemen, atau proses tertentu. Dashboard dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik departemen dan perusahaan.
Mempermudah proses rekonsiliasi dokumen kepabeanan.
Memperoleh pelayanan yang baik yang sesuai dengan profil dan kriteria pemenuhan persyaratan IT Inventory.
Menjaga stok barang, Baik yang proses produksi serta stok barang yang ada di pasaran.
Mempermudah perusahaan dalam memberikan informasi bagi stakeholder termasuk DJBC.
Fitur Produk :
Dashboard
Modul Beacukai
Portal
Kawasan Berikat
Laporan Pemasukan Barang
Laporan Pengeluaran Barang
Laporan Posisi WIP
Mutasi bahan Baku / Bahan Penolong
Mutasi Barang Jadi
Report Mutasi Sisa
Gudang Berikat
Laporan Posisi Barang
Laporan Mutasi Barang
Pembebasan Pengembalian
Laporan Pemasukan Bahan Baku
Laporan Pemakaian Bahan Baku
Laporan Pemakaian Subkontrak
Laporan Pemasukan Hasil Produksi
Laporan Pengeluaran Hasil Produksi
Laporan Mutasi Bahan baku
Laporan Mutasi hasil Produksi
Laporan Penyelesaian Waste/ Scrap
Modul Penjualan
Order
Penawaran
Order
Penjualan Team
Pelanggan
Siap Faktur
Order Siap Difaktur
Order Penjualan Siap Upsell
Produk
Produk
Varian Produk
Daftar Harga
Laporan
Konfigurasi
Pengaturan
Penjualan Team
Order Penjualan
Kutipan Template
Label
Produk
Label
Penagihan
Pelanggan
Faktur
Catatan Kredit
Pembayaran
Pelanggan
E-Faktur
Pemasok
Tagihan
Pengembalian
Pembayaran
Produk
Pemasok
Laporan
Analisis Faktur
Konfigurasi
Pengaturan
Penagihan
Syarat Pembayaran
Incoterm
Bank
Tambahkan Akun Bank
Model Rekonsiliasi
Akuntansi
Pajak
Jurnal – Jurnal
Mata Uang
Posisi Fiskal
Jurnal Group
Pembayaran
Payment Provider
Management
Kategori Produk
Modul Pembelian
Order
Permintaan Penawaran
Order Pembelian
Pemasok
Produk
Produk
Variant Produk
Laporan
Konfigurasi
Pengaturan
Daftar Harga Pemasok
Produk
Atribut produk
Kategori Produk
Stok Persediaan
Over View
Operasi
Replenishment
Penyesuaian Stok Persediaan
Transfer
Pembuangan
Produk
Produk
Variant Produk
Nomer Seri/ Lot
Laporan
Stok
Moves History
Konfigurasi
Pengaturan
Manajemen Gudang
Gudang
Tipe Operasi
Produk
Kategori Produk
Atribut
Aturan Order Ulang
4 Kategori Implementasi IT Inventory KABER
Perusahaan KABER hanya menggunakan satu aplikasi pencatatan pembukuan yang saling terhubung satu sama lain dalam satu atap
Memiliki dua aplikasi yang digunakan perusahan KABER, Pertama adalah aplikasi pencatatan pembukuan yang utama dan kedua adalah aplikasi IT Inventory yang juga berperan sebagai interface. Kedua aplikasi tersebut akan saling terintegrasi dan menggunakan sumber daya yang sama dalam pencatatan masuk keluar barang.
Perusahaan KABER memiliki dua aplikasi yang sama yaitu sistem pencatatan pembukuan perusahaan dan IT Inventory. Namun kedua aplikasi tersebut berdiri sendiri sehingga terjadinya human error Ketika penyesuaian data sangat tinggi.
Perusahaan KABER masih mengerjakan pencatatan masuk keluarnya barang secara manual. Dalam hal ini, Pihak DJBC memberikan perhatian khusus pada perusahaan yang berada pada kategori ini.
Aplikasi IT Inventory
Manfaat
Bagi Perusahaan
- Memudahkan perusahaan dalam mengelola persediaan yang dimilikinya
- Memudahkan perusahaan dalam menghasilkan informasi bagi stakeholder termasuk DJBC
- H2H Bank Persepsi
- Memudahkan perusahaan dalam melakukan rekonsiliasi dengan dokumen kepabeanan di KPPBC
- Memperoleh peningkatan pelayanan sesuai profil dan kriteria pemenuhan persyaratan IT Inventory
- Kemudahan dan ketepatan waktu pelaporan dapat dicapai karena dilakukan secara otomatis dan realtime
- Memudahkan manajemen untuk mengawasi kegiatan di perusahaan, memudahkan crosscheck data antara perusahaan dan KPPBC.
- Mempunyai kendalian yang cepat dan tepat atas persediaan barang yang dimiliki sehingga perusahaan dapat mempertanggungjawabkan barang dengan fasilitas guna menghindari akumulasi tagihan yang besar (Post Customs Clearance) apabila dilakukan audit oleh instansi yang berwenang.
Bagi DJBC
- Kemudahan memberikan pelayanan yang baik
- Kemudahan melakukan rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan pergerakan persediaan dalam IT Inventory yang dimiliki perusahaan
- Memudahkan profiling terhadap perusahaan
- compliance CEISA 4.0