Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, tak terkecuali pada bidang kesehatan. Salah satu informasi penting di dunia kesehatan ialah riwayat kesehatan seorang pasien atau yang biasa dikenal dengan rekam medis. RME Rekam medis elektronik maupun konvensional menampung informasi seorang pasien terkait semua aspek pelayanan kesehatan dan riwayat pasien tersebut.
Para tenaga medis dalam suatu instansi rumah sakit maupun di luar instansi rumah sakit seperti laboratorium memerlukan informasi medis yang akan digunakan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan perawatan kepada pasien. Para tenaga medis menggunakan informasi tersebut sebagai alat komunikasi antar satu dengan lainnya. Rekam medis ini juga menjadi sesuatu yang dapat membantu dalam hal perlindungan hukum dan keuangan bagi berbagai pihak terkait. Lingkup manajemen informasi kesehatan mencakup semua aktifitas rekam medis yang meliputi pengelolaan dan penataan berkas sampai dihasilkannya sebuah informasi kesehatan yang dibutuhkan.
Definisi Rekam Medis
Menurut Edna K. Huffman
Rekam medis adalah berkas yang menyatakan siapa, apa, mengapa, di mana, kapan dan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pasien selama masa perawatan yang memuat pengetahuan mengenai pasien dan pelayanan yang diperolehnya serta memuat informasi yang cukup untuk menemukan atau mengidentifikasi mengidentifikasi pasien, membenarkan diagnosis dan pengobatan serta merekam hasilnya.
Menurut Waters dan Murphy
Rekam medis adalah merupakan kompendium atau ikhtisar ikhtisar yang berisi informasi tentang keadaan pasien selama perawatan atau selama pemeliharaan kesehatan”.
Menurut Gemala Hatta
Rekam medis merupakan kumpulan fakta tentang kehidupan seseorang dan riwayat penyakitnya, termasuk keadaan sakit, pengobatan saat ini dan masa lampau yang ditulis oleh para praktisi kesehatan dalam upaya mereka memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.
Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
Sebagai rekaman dalam bentuk tulisan atau gambaran aktivitas pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan medis atau kesehatan kepada seorang pasien.
Menurut PERMENKES 269 Tahun 2008
Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Catatan adalah tulisan yang dibuat oleh dokter atau dokter gigi tentang segala tindakan yang dilakukan kepada pasien dalam rangka pemberian pelayanan kesehatan. Dokumen adalah catatan dokter, dokter gigi, dan/atau tenaga kesehatan tertentu, laporan hasil pemeriksaan penunjang, catatan observasi dan pengobatan harian dan semua rekaman, baik berupa foto radiologi, gambar pencitraan (image), dan rekaman elektro diagnostik.
Definisi Manajemen Informasi Kesehatan
Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) adalah kumpulan kata yang disusun untuk tujuan memberikan gambaran kegiatan pengumpulan dan penggunaan data tertentu yang telah dikumpulkan oleh sejumlah orang lain di lokasi yang berbeda, terkait dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. pasien individu dan kelompok. Manajemen informasi kesehatan dapat mewakili keduanya, sebagai proses atau sebagai jalur karir, bagi setiap individu yang memasuki bidang manajemen informasi kesehatan baik di bidang kesehatan maupun non-medis, namun tetap terkait dengan bidang medis.
Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) adalah kegiatan mendukung dan memelihara catatan kesehatan kovensional atau kertas dan elektronik di klinik medis, rumah sakit, perusahaan asuransi, layanan medis, dan fasilitas lain yang menyediakan layanan dan pemeliharaan catatan kesehatan. Saat ini, penggunaan sistem komputer yang luas dan kompleks untuk merekam layanan medis dan sumber informasi lainnya diperlukan dan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bidang teknologi informasi kesehatan dan informatika kesehatan merupakan spesialisasi yang sangat diperlukan dalam praktik manajemen informasi kesehatan.
Manajemen informasi kesehatan (MIK) adalah ilmu tentang prinsip dan praktik termasuk organisasi manual dan digital, pelacakan, dan pengelolaan informasi kesehatan, untuk memastikan penyampaian layanan medis, layanan berkualitas kepada pasien. Disiplin ilmu ini memberikan kontribusi besar pada sistem kesehatan dan pasien dengan menjaga dan memelihara sistem informasi perawatan kesehatan yang terorganisir yang sangat mendukung pengambilan keputusan medis dan perawatan pasien.
Menurut Konsil Kedokteran Indonesia 2006, Buku Panduan Rekam Medis, Manajemen Informasi Kesehatan adalah praktik manajemen yang memusatkan kegiatannya pada layanan kesehatan dan sumber daya informasi layanan kesehatan dengan menggambarkan sifat data, strukturnya, dan menerjemahkannya ke dalam berbagai bentuk informasi untuk kemajuan kesehatan dan pelayanan kesehatan, individu, pasien dan masyarakat. Penanggung jawab manajemen informasi kesehatan bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengintegrasikan dan menganalisis data pelayanan kesehatan primer dan sekunder, menyebarluaskan informasi, menyelenggarakan sumber informasi untuk penelitian, pendidikan, perencanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan secara komprehensif dan terpadu.
Tugas utama profesi manajemen informasi kesehatan adalah merencanakan sistem informasi, berkontribusi pada perumusan kebijakan kesehatan, dan mengumpulkan data atau informasi yang relevan yang dibutuhkan sekarang dan di masa mendatang. Selain itu, para profesional ini dapat menerapkan pengetahuan komputer mereka untuk pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, dan pengungkapan atau pengungkapan informasi yang konsisten dengan persyaratan hukum, etika, dan administrasi profesional untuk tujuan penyediaan layanan medis. Para profesional ini beroperasi dari data layanan kesehatan klinis, epidemiologis, demografis, keuangan, rujukan, dan kode.
Nah, SIMRS Cendana saat ini sudah memiliki modul Rekam Medis Elektronik (RME) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tak hanya modul RME, SIMRS Cendana juga telah memiliki beberapa fitur lain, seperti :
Pendaftaran Online
Pasien dapat melakukan pendaftaran mandiri secara online maupun offline melalui aplikasi, mempermudah pasien registrasi .
Instalasi Rawat Jalan
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat jalan, pengaturan dokter, polklinik hingga pencatatan resep.
Instalasi Rawat Inap
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat inap, informasi ketersediaan bed, pencatatan asuhan keperawatan, dll.
Instalasi Gawat Darurat
Fitur untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan layanan gawat darurat
Instalasi Farmasi
Fitur untuk mengelola farmasi dan apotek, stok opname dan gudang obat.
Rekam Medis Elektronik
Electronic Medical Record (EMR) memudahkan pendataan dan penyimpanan riwayat kesehatan pasien dalam bentuk rekam medis digital.
Bridging BPJS
Integrasi kredensial BPJS memudahkan mengelola pasien BPJS dalam membuat SEP dan rujukan hingga klaim.
Kasir
Kasir pembayaran untuk membantu melayani pembayaran jasa dan tindakan pasien, dengan fitur laporan pendapatan.
Sistem Antrian
Sistem antrian rumah sakit untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga waktu tunggu menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Tentukan keputusan terbaik Anda dengan SIMRS Cendana dan jika Anda tertarik untuk mengenal lebih lengkap modul-modul Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) silahkan menghubungi tim marketing kami disini.