Sebelum beralih ke perbedaan EMR dan EHR terlebih dahulu kita berkenalan dengan apa itu EMR dan EHR.
Apa itu EMR?
Electronic Medical Record (EMR) adalah bentuk digital dari semua informasi kesehatan terkait seorang pasien dalam sebuah rumah sakit. Informasi di dalam EMR umumnya berisi riwayat kesehatan, diagnosa, riwayat obat-obatan, catatan alergi maupun tanggal vaksinasi atau imunisasi. Aplikasi RME ini akan memudahkan tenaga medis dalam mengidentifikasi kedaruratan pemeriksaan seorang pasien berdasarkan kondisi kesehatan mereka.
Lalu bagaimana dengan EHR?
Electronic Health Record (EHR) pada dasarnya sama dengan EMR, hanya saja terdapat beberapa fitur tambahan yang akan digunakan untuk pertumbuhan internal dan eksternal rumah sakit. EHR ini berfokus pada informasi kesehatan seorang pasien secara keseluruhan. Informasi ini dapat meliputi data klinis yang dikumpulkan di fasilitas pelayanan kesehatan dan meliputi perawatan pasien yang lebih luas.
EHR dibangun untuk membagikan informasi dengan penyedia layanan kesehatan diluar suatu rumah sakit seperti laboratorium, rehabilitas, dan dokter spesialis. Maka dari itu, EHR dibangun untuk memuat semua informasi yang diperlukan layanan kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien.
Data EHR dibangun untuk memiliki fitur yang dapat diakses oleh semua tenaga dan staf kesehatan yang berwenang di lebih dari satu rumah sakit. Tujuannya ialah memudahkan pergerakan informasi pasien ke spesialis, rumah perawatan di dalam kota maupun luar kota atau bahkan di negara yang berbeda.
Dari definisi di atas sudah mulai terlihat kan perbedaan dari EMR dan EHR, nah selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut perbedaan antara EMR dan EHR.
Perbedaan Utama antara EMR dan EHR
Hal yang paling terlihat berbeda antara EMR dan EHR adalah lingkup kerja sistem informasinya. Yang mana EMR hanya dibuat merekam medis seorang pasien secara digital untuk satu praktik kesehatan tunggal, sedangkan EHR dibuat untuk merekam medis secara terperinci dengan penyedia layanan kesehatan lain di mana pun lokasinya. EHR biasanya memiliki perangkat dan fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan EMR. Tampilan rekaman medis EHR juga lebih luas dibanding EMR yang jauh lebih terbatas. Berikut beberapa perbedaan lain dari EHR dan EMR:
- EMR tidak dirancang untuk dibagikan di luar masing-masing klinik.
- EHR memungkinkan informasi medis pasien bergerak bersama pasien ke berbagai bagian pelayanan kesehatan yang berbeda seperti spesialis, laboratorium, fasilitas pencitraan, apotek, dan lain-lain.
- EHR menyediakan penggunanya riwayat kesehatan pasien secara keseluruhan tanpa batasan lokasi.
- Selain data medis, EHR juga berisi informasi dari perawatan masyarakat, apotek, penyedia perawatan alternatif maupun instansi perawatan lainnya.
- Biasanya akses pasien terhadap EHR mereka adalah penuh yang bertujuan untuk menambah dan memperbarui informasinya. Sedangkan untuk EMR pasien hanya dapat melihat catatan medis mereka melalui portal pasien.
- EHR dibuat untuk berfokus pada hasil kesehatan jangka panjang dan perawatan yang terkoordinasi dan terpusat, sedangkan EMR dibuat untuk memuat informasi non-episodik dan fokusnya terdapat pada keadaan saat ini atau berfokus pada mengobati penyakit.
- Akses penyedia EHR adalah semua penyedia layanan kesehatan yang terhubung melalui internet. Sedangkan EMR hanya diakses oleh dokter terkait dalam satu rumah sakit dan biasanya tidak terhubung dalam internet di luar akses rumah sakit terkait.
Lalu perlukah beralih dari EMR ke EHR?
Meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam sistemnya, EMR dan EHR masih memiliki manfaat yang hampir sama. Keduanya dibuat untuk membuat perawatan kesehatan menjadi lebih mudah dan efisien. Secara umum EHR dan EMR memiliki beberapa kesamaan manfaat, sebagai berikut:
- EHR maupun EMR dibuat untuk mengurangi kelalaian media dan memaksimalkan tingkat kualitas perawatan kesehatan dengan menyediakan informasi yang akurat dan terbaru.
- Diagram dan data-data pasien yang dipaparkan dalam EHR dan EMR akan mempermudah proses pelaporan.
- Mengurangi kemungkinan adanya kesalahan duplikasi suatu biaya sehingga akan mempermudah tenaga medis dalam pengecekan serta berdampak positif bagi pasien dalam hal biaya dan waktu.
- EMR maupun EHR dibangun untuk mendorong partisipasi pasien untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat serta menambah pengetahuan di bidang medis.
- Informasi pasien lebih lengkap dan terbaru sehingga dapat membantu dibuatnya diagnosa dan perawatan yang akurat dan tepat sesuai keadaan pasien.
Memilih sistem ERM yang tepat bisa jadi merupakan hal membingungkan dan memakan biaya maupun waktu yang cukup besar. Penyesuaian kebutuhan rumah sakit menjadi kunci penentuan penerapan EHR atau EMR. Jika dibutuhkan sistem informasi dengan penyedia layanan kesehatan lain maka EHR adalah pilihan terbaik. Namun, jika tidak maka EMR sudah cukup untuk memenuhi sistem informasi rumah sakit tersebut.
Nah, SIMRS Cendana saat ini sudah memiliki modul Rekam Medis Elektronik (RME) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tak hanya modul RME, SIMRS Cendana juga telah memiliki beberapa fitur lain, seperti :
Pendaftaran Online
Pasien dapat melakukan pendaftaran mandiri secara online maupun offline melalui aplikasi, mempermudah pasien registrasi .
Instalasi Rawat Jalan
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat jalan, pengaturan dokter, polklinik hingga pencatatan resep.
Instalasi Rawat Inap
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat inap, informasi ketersediaan bed, pencatatan asuhan keperawatan, dll.
Instalasi Gawat Darurat
Fitur untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan layanan gawat darurat
Instalasi Farmasi
Fitur untuk mengelola farmasi dan apotek, stok opname dan gudang obat.
Rekam Medis Elektronik
Electronic Medical Record (EMR) memudahkan pendataan dan penyimpanan riwayat kesehatan pasien dalam bentuk rekam medis digital.
Bridging BPJS
Integrasi kredensial BPJS memudahkan mengelola pasien BPJS dalam membuat SEP dan rujukan hingga klaim.
Kasir
Kasir pembayaran untuk membantu melayani pembayaran jasa dan tindakan pasien, dengan fitur laporan pendapatan.
Sistem Antrian
Sistem antrian rumah sakit untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga waktu tunggu menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Tentukan keputusan terbaik Anda dengan SIMRS Cendana dan jika Anda tertarik untuk mengenal lebih lengkap modul-modul Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) silahkan menghubungi tim marketing kami disini.