Aplikasi Rumah Sakit merupakan sistem informasi manajemen berbasis web guna mendukung pelayanan kesehatan baik di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit Khusus, dan lain sebagainya. Imlementasi aplikasi sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) mampu menjangkau pelayanan kesehatan front office dan back office di Rumah Sakit.
Sistem informasi manajemen rumah sakit sangat penting dalam industri kesehatan sebagai pendukung aktivitas dan pelayanan kesehatan yang terspesialisasi dengan cakupan yang luas. Terdapat banyak manfaat dari penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit diantaranya, meningkatkan akses informasi, meningkatkan produktivitas tenaga profesional pelayanan kesehatan, meningkatkan efisiensi dan akurasi kode serta data penagihan keuangan pasien, meningkatkan kualitas layanan kesehatan, meningkatkan manajemen klinis dalam hal diagnosis dan perawatan pasien, mengurangi biaya kebutuhan kertas untuk rekam medis, meminimalisir kesalahan medis, meningkatkan keselamatan pasien, memperbaiki hasil perawatan pasien dan meningkatkan kepuasan pasien, dari berbagai manfaat tersebut terdapat manfaat yang paling dirasakan dari implementasi sistem informasi rumah sakit dalam peningkatan akses informasi di Rumah Sakit antar petugas layanan kesehatan maupun dengan pasien sehingga alur pelayanan lebih efisien.
Penerapan ERP di Rumah Sakit
Software Aplikasi ERP atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Enterprise Resource Planning merupakan suatu software yang terintegrasi dengan banyaknya fungsi. Beberapa contoh fungsi dari ERP adalah fungsi akuntansi, fungsi pengaturan HrD, fungsi pengaturan marketing dan lain sebagainya. Banyak fungsi yang ditawarkan oleh ERP ini merupakan daya jualnya tersendiri, karena software ini dapat mempercepat dan mempermudah kinerja dan hubungan antara berbagai macam bidang.
Disamping itu ERP dapat mengintegrasikan proses operasi dan arus informasi dalam rumah sakit untuk mensinergikan sumber daya, material, uang dan peralatan melalui informasi. ERP juga dapat menfasilitasi rumah sakit dengan Sistem Informasi terpadu mencakup semua bidang fungsional seperti keluar-masuk pasien, penagihan dan manajemen, ruang pasien, tamu yang mengujungi, apotik, laboratorium, manajemen tenaga kerja, dapur dan layanan binatu, dll. Dengan ERP dapat menjembatani kesenjangan informasi antar pelanggan dan Rumah Sakit itu sendiri.
Tujuan dari penerapan ERP di dalam Rumah Sakit adalah untuk memberikan solusi terintegrasi yang membantu dalam manajemen efisien Rumah Sakit, meningkatkan perawatan pasien, meningkatkan efisiensi kerja, meingkatkan pengendalian fiskal, menghilangkan kemungkinan pencurian apapun dan melihat pertumbuhan Rumah Sakit.
ERP didukung faktor-faktor sebagai berikut :
- Manajemen; yang mempunyai komitmen akan teknologi informasi sebagai sistem yang bermanfaat.
- Teknologi yang mendukung, meliputi hardware, software, manajemen sistem dan interface dikelola SDM yang kompeten di bidang TI.
Pendaftaran Online
Pasien dapat melakukan pendaftaran mandiri secara online maupun offline melalui aplikasi, mempermudah pasien registrasi .
Instalasi Rawat Jalan
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat jalan, pengaturan dokter, polklinik hingga pencatatan resep.
Instalasi Rawat Inap
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat inap, informasi ketersediaan bed, pencatatan asuhan keperawatan, dll.
Instalasi Gawat Darurat
Fitur untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan layanan gawat darurat
Instalasi Farmasi
Fitur untuk mengelola farmasi dan apotek, stok opname dan gudang obat.
Rekam Medis Elektronik
Electronic Medical Record (EMR) memudahkan pendataan dan penyimpanan riwayat kesehatan pasien dalam bentuk rekam medis digital.
Bridging BPJS
Integrasi kredensial BPJS memudahkan mengelola pasien BPJS dalam membuat SEP dan rujukan hingga klaim.
Kasir
Kasir pembayaran untuk membantu melayani pembayaran jasa dan tindakan pasien, dengan fitur laporan pendapatan.
Sistem Antrian
Sistem antrian rumah sakit untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga waktu tunggu menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Fitur-fitur diatas merupakan sebagian modul aplikasi rumah sakit SIMRS Cendana, jika anda tertarik untuk mengenal lebih lengkap modul-modul sistem informasi manajemen rumah sakit silahkan menghubungi tim marketing kami disini.