Manajemen pendapatan rumah sakit atau dikenal dengan “manajemen siklus pendapatan” atau juga “manajemen siklus tagihan medis” adalah proses di mana suatu rumah sakit menghasilkan dan mengumpulkan pendapatan. Proses siklus ini dimulai ketika seorang pasien datang sampai didapatkannya sebuah faktur sebagai tanda transaksi selesai.
Diagram berikut memuat komponen-komponen dalam siklus pendapatan Rumah Sakit:
Manajemen pendapatan tidak hanya menjadi tanggung jawab kas rumah sakit. Seperti yang ditunjukkan bagan di atas, manajemen pendapatan yang efektif memerlukan upaya di seluruh rumah sakit yang meliputi:
- Divisi Front office yang berhubungan langsung dengan pasien maupun back office memegang peranan penting.
- Staf administrasi dan klinis juga bertanggung jawab.
Divisi Front Office (Pelayanan Administrasi Pasien)
Mereka yang berhubungan langsung dengan pasien, seperti pendaftar, harus memastikan bahwa pasien memahami kewajiban pembayaran mereka dan pilihan pembayaran yang tersedia bagi mereka. Jika memungkinkan, petugas harus memberikan perkiraan dan menentukan apakah pasien ingin mengklaim biaya pengobatan dari negara atau dari perusahaan asuransi swastanya.
Proses penagihan berjalan lebih lancar ketika pasien telah menyepakati biaya pengobatan berdasarkan informasi lengkap dari dokter spesialis. Jika pasien tidak diberitahu sebelumnya tentang perkiraan biaya perawatan dan/atau tidak memiliki asuransi swasta atau pemerintah yang cukup untuk menutupi biaya perawatan, pasien mungkin tidak bersedia membayar biaya terkait. Rumah sakit dapat terus merawat pasien yang mungkin tidak mampu membayar tagihan medis. Namun, sangat penting untuk mengantisipasi situasi ini sejak awal agar kebijakan rumah sakit yang tepat diterapkan.
Staff Administrasi
Di rumah sakit yang menerima dana pemerintah, staf administrasi yang paling banyak terlibat dalam proses pendapatan adalah pengkode klinis. Tugas mereka adalah memastikan bahwa rumah sakit menerima klaim kompensasi sebesar mungkin dari negara untuk penggantian biaya layanan yang diberikan. Namun, karyawan lain sama pentingnya untuk mempertahankan manajemen pendapatan yang efektif. Anda harus memastikan bahwa formulir diisi dan ditandatangani dengan benar sehingga dokumen dapat diproses tepat waktu. Mereka juga harus memastikan bahwa proses penagihan dilakukan sesuai prosedur dan yang terpenting mengurangi beban kerja staf klinis.
Staff Klinis
Staf klinis memainkan peran penting dalam siklus pendapatan rumah sakit dalam dua cara:
- Dokter harus memastikan bahwa semua dokumen yang relevan (misalnya formulir pembayaran) dilengkapi untuk menagih semua layanan yang diberikan. Jika sistem manajemen rumah sakit belum mendaftarkan penyediaan layanan tersebut, ia tidak dapat menagihnya.
- Dokter harus menyadari bahwa asuransi kesehatan wajib atau swasta menanggung sebagian dari biaya pengobatan. Pihak ketiga ini sering kali memiliki aturan sendiri tentang apa yang bisa dan tidak bisa diklaim. Misalnya, sebagian besar perusahaan asuransi hanya membayar perawatan jika diperlukan secara medis, dan dokter diharuskan untuk mendokumentasikan pembenarannya dengan hati-hati. Dokumentasi yang terperinci dan lengkap bukan hanya praktik klinis yang baik, tetapi juga memungkinkan perangkat lunak informasi rumah sakit menghasilkan tagihan yang akurat dan lengkap.
Di banyak rumah sakit, informasi yang diperlukan untuk mengelola pendapatan secara efektif tersebar di berbagai sistem dan formulir kertas. Sistem informasi rumah sakit yang komprehensif atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dapat membantu memastikan bahwa setiap bagian dari proses pengumpulan pendapatan dipantau dan dioptimalkan.
SIMRS Untuk Mengoptimalkan Pendapatan Rumah Sakit
Pembayaran bukanlah satu-satunya cara untuk mengoptimalkan hal tersebut. Peningkatan kualitas administrasi dan akurasi data rumah sakit menjadi penentu tingkat pendapatan rumah sakit. Rumah sakit perlu meningkatkan hal tersebut, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Bahkan, SIMRS ini sudah menjadi hal wajib yang dicantumkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013 pasal 3 ayat 1.
Dengan bantuan SIMRS, pengelolaan manajemen rumah sakit, baik klinis maupun non-klinis, serta pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat. SIMRS menyederhanakan manajemen pasien, yang meliputi pendaftaran, farmasi, penagihan pasien, dan penagihan pihak ketiga. Integrasi SIMRS dengan BPJS mengefisienkan proses pemrosesan tagihan BPJS, tidak hanya mengurangi beban manajemen rumah sakit tetapi juga mengurangi waktu tunggu pasien. Peningkatan mutu pelayanan rumah sakit tidak hanya meningkatkan kepuasan pasien tetapi juga meningkatkan level kepegawaian.
Kini SIMRS Cendana hadir untuk memenuhi kebutuhan manajemen informasi rumah sakit Anda. Aplikasi SIMRS Cendana memiliki modul yang lengkap dan dirancang menggunakan teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis web.
Pendaftaran Online
Pasien dapat melakukan pendaftaran mandiri secara online maupun offline melalui aplikasi, mempermudah pasien registrasi .
Instalasi Rawat Jalan
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat jalan, pengaturan dokter, polklinik hingga pencatatan resep.
Instalasi Rawat Inap
Aplikasi mengelola proses pendaftaran pasien rawat inap, informasi ketersediaan bed, pencatatan asuhan keperawatan, dll.
Instalasi Gawat Darurat
Fitur untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan layanan gawat darurat
Instalasi Farmasi
Fitur untuk mengelola farmasi dan apotek, stok opname dan gudang obat.
Rekam Medis Elektronik
Electronic Medical Record (EMR) memudahkan pendataan dan penyimpanan riwayat kesehatan pasien dalam bentuk rekam medis digital.
Bridging BPJS
Integrasi kredensial BPJS memudahkan mengelola pasien BPJS dalam membuat SEP dan rujukan hingga klaim.
Kasir
Kasir pembayaran untuk membantu melayani pembayaran jasa dan tindakan pasien, dengan fitur laporan pendapatan.
Sistem Antrian
Sistem antrian rumah sakit untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga waktu tunggu menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Tentukan keputusan terbaik Anda dengan SIMRS Cendana dan jika Anda tertarik untuk mengenal lebih lengkap modul-modul Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) silahkan menghubungi tim marketing kami disini.